Recent comments

Breaking News

Transkrip pidato Trump di Arab Saudi



KABARINDO - Riyadh, Arab Saudi, Presiden AS Donald Trump pada hari Minggu menyampaikan pidato kepada para pemimpin lebih dari 50 negara Muslim untuk menjelaskan visinya untuk hubungan AS-Muslim.

Ini adalah transkrip lengkap dari ucapannya.

"Saya ingin berterima kasih kepada Raja Salman atas ucapannya yang luar biasa, dan Kerajaan Arab Saudi yang luar biasa untuk menyelenggarakan pertemuan puncak hari ini. Saya merasa terhormat bisa diterima oleh tuan rumah yang ramah. Saya selalu mendengar tentang kemegahan negara Anda dan kebaikan hati Anda. Warga negara, tapi kata-kata tidak memperjelas keagungan tempat yang luar biasa ini dan keramahan luar biasa yang telah Anda tunjukkan kepada kami sejak kami tiba.
Anda juga menjadi tuan rumah saya di rumah Raja Abdulaziz yang berharga, pendiri Kerajaan yang mempersatukan orang-orang hebat Anda. Bekerja sama dengan pemimpin lain yang dicintai - Presiden Amerika Franklin Roosevelt - Raja Abdulaziz memulai kemitraan abadi antara kedua negara kita. Raja Salman: ayahmu akan sangat bangga melihat bahwa Anda meneruskan warisannya - dan saat dia membuka bab pertama dalam kemitraan kami, hari ini kami memulai sebuah babak baru yang akan membawa manfaat abadi bagi warganya.

Biarkan saya sekarang juga mengucapkan terima kasih yang dalam dan sepenuh hati kepada masing-masing dan setiap kepala negara terhormat yang melakukan perjalanan ini di sini hari ini. Anda sangat menghormati kami dengan kehadiran Anda, dan saya mengirimkan salam hangat dari negara saya kepada Anda. Saya tahu bahwa waktu kita bersama akan membawa banyak berkah bagi orang dan saya.

Saya berdiri di hadapan Anda sebagai wakil Rakyat Amerika, menyampaikan pesan persahabatan dan harapan. Itulah sebabnya saya memilih untuk melakukan kunjungan kenegaraan pertama saya ke jantung dunia Muslim, kepada bangsa yang berfungsi sebagai penjaga dua situs tersuci dalam Iman Islam.

Dalam pidato pengukuhan saya kepada Rakyat Amerika, saya berjanji untuk memperkuat persahabatan tertua Amerika, dan untuk membangun kemitraan baru dalam mengejar perdamaian. Saya juga berjanji bahwa Amerika tidak akan berusaha memaksakan cara hidup kita kepada orang lain, tapi untuk mencabut tangan kita dengan semangat kerja sama dan kepercayaan.
Visi kami adalah perdamaian, keamanan, dan kemakmuran - di wilayah ini, dan di dunia ini.
Tujuan kami adalah sebuah koalisi negara-negara yang memiliki tujuan untuk menghentikan ekstremisme dan memberikan masa depan yang penuh harapan kepada anak-anak kita yang menghormati Tuhan.

Demikianlah pertemuan para pemimpin yang bersejarah dan belum pernah terjadi sebelumnya - yang unik dalam sejarah bangsa-bangsa - merupakan simbol bagi dunia tekad bersama dan rasa saling menghormati kita. Kepada para pemimpin dan warga negara setiap negara berkumpul di sini hari ini, saya ingin Anda tahu bahwa Amerika Serikat sangat ingin membentuk ikatan persahabatan, keamanan, budaya dan perdagangan yang lebih dekat.

Bagi orang Amerika, ini adalah saat yang menyenangkan. Semangat baru optimisme adalah menyapu negara kita: hanya dalam beberapa bulan, kami telah menciptakan hampir satu juta lapangan kerja baru, menambahkan lebih dari 3 triliun dolar nilai baru, mengangkat beban pada industri Amerika, dan melakukan investasi rekaman di militer kami yang akan Melindungi keselamatan orang-orang kita dan meningkatkan keamanan teman-teman dan sekutu kita yang luar biasa - banyak di antaranya ada di sini hari ini.

Sekarang, ada berita yang lebih diberkati lagi yang saya senang berbagi dengan Anda. Pertemuan saya dengan Raja Salman, Putra Mahkota, dan Wakil Putra Mahkota, telah dipenuhi dengan kehangatan, kehendak baik, dan kerja sama yang luar biasa. Kemarin, kami menandatangani kesepakatan bersejarah dengan Kerajaan yang akan menginvestasikan hampir $ 400 miliar di dua negara kami dan menciptakan ribuan lapangan kerja di Amerika dan Arab Saudi.
Kesepakatan penting ini mencakup pengumuman pembelian pertahanan senilai $ 110 miliar yang didanai Saudi - dan kami pasti akan membantu teman-teman Saudi untuk mendapatkan kesepakatan baik dari perusahaan pertahanan Amerika kami yang hebat. Kesepakatan ini akan membantu militer Saudi untuk mengambil peran lebih besar dalam operasi keamanan.

Kami juga telah memulai diskusi dengan banyak negara yang hadir hari ini untuk memperkuat kemitraan, dan membentuk yang baru, untuk memajukan keamanan dan stabilitas di Timur Tengah dan sekitarnya.

Kemudian hari ini, kita akan membuat sejarah lagi dengan dibukanya Pusat Global untuk Memerangi Ideologi Ekstrimis - yang terletak di sini, di bagian tengah Dunia Islam ini.
Pusat baru yang inovatif ini merupakan sebuah deklarasi yang jelas bahwa negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim harus memimpin dalam memerangi radikalisasi, dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Raja Salman atas demonstrasi kepemimpinan yang kuat ini.
Saya dengan senang hati menyambut beberapa pemimpin yang hadir hari ini ke Gedung Putih, dan saya berharap bisa bekerja sama dengan Anda semua.

Amerika adalah negara yang berdaulat dan prioritas pertama kita adalah selalu keamanan dan keamanan warganya. Kita tidak di sini untuk kuliah-kita tidak di sini untuk memberitahu orang lain bagaimana cara hidup, apa yang harus dilakukan, siapa yang harus, atau bagaimana cara untuk beribadah. Sebagai gantinya, kami di sini menawarkan kemitraan - berdasarkan pada kepentingan dan nilai bersama - untuk mengejar masa depan yang lebih baik bagi kita semua.

Di sini, di puncak ini kita akan membahas banyak kepentingan yang kita bagikan bersama. Tapi yang terpenting kita harus bersatu dalam mengejar satu tujuan yang melampaui setiap pertimbangan lainnya. Tujuannya adalah untuk memenuhi tes sejarah yang hebat-untuk menaklukkan ekstremisme dan mengalahkan kekuatan terorisme.

Anak laki-laki dan perempuan Muslim muda harus bisa tumbuh bebas dari rasa takut, aman dari kekerasan, dan tidak berdosa. Dan pria dan wanita muda Muslim harus memiliki kesempatan untuk membangun era kemakmuran baru bagi diri mereka dan masyarakat mereka.

Dengan pertolongan Tuhan, puncak ini akan menandai awal dari akhir bagi orang-orang yang melakukan teror dan menyebarkan kepercayaan jahatnya. Pada saat yang sama, kami berdoa pertemuan khusus ini suatu hari nanti dapat diingat sebagai awal perdamaian di Timur Tengah - dan mungkin, bahkan di seluruh dunia.

Tapi masa depan ini hanya bisa dicapai dengan mengalahkan terorisme dan ideologi yang menggerakkannya.

Beberapa negara telah terhindar dari jangkauan kekerasannya.
Amerika telah menderita serangan biadab berulang - dari kekejaman 11 September terhadap hancurnya Pemboman Boston, pembunuhan mengerikan di San Bernardino dan Orlando.
Bangsa-bangsa Eropa juga mengalami horor yang tak terkatakan. Begitu juga bangsa Afrika dan bahkan Amerika Selatan. India, Rusia, China dan Australia telah menjadi korban.
Tapi, dalam jumlah sedikit, jumlah korban paling mematikan telah diberikan pada orang-orang yang tidak bersalah di negara-negara Arab, Muslim dan Timur Tengah. Mereka telah menanggung beban pembunuhan dan penghancuran yang paling parah dalam gelombang kekerasan fanatik ini.
Beberapa perkiraan menyebutkan bahwa lebih dari 95 persen korban terorisme adalah Muslim sendiri.

Kami sekarang menghadapi bencana kemanusiaan dan keamanan di wilayah ini yang menyebar ke seluruh planet ini. Ini adalah tragedi proporsi epik. Tidak ada deskripsi tentang penderitaan dan kerusakan dapat mulai menangkap ukuran penuhnya.

Korban nyata ISIS, al Qaeda, Hizbullah, Hamas, dan banyak lainnya, harus dihitung tidak hanya dalam jumlah korban tewas. Itu juga harus dihitung dalam generasi mimpi lenyap.
Timur Tengah kaya dengan keindahan alam, budaya yang semarak, dan harta karun bersejarah dalam jumlah besar. Ini harus semakin menjadi salah satu pusat perdagangan dan peluang global yang hebat.
Daerah ini tidak boleh menjadi tempat pengungsi melarikan diri, namun pendatang baru berduyun-duyun.

Arab Saudi adalah rumah bagi situs tersuci di salah satu agama besar dunia. Setiap tahun jutaan umat Islam datang dari seluruh dunia ke Arab Saudi untuk ikut serta dalam ibadah haji. Selain keajaiban kuno, negara ini juga merupakan tempat tinggal orang modern-termasuk pencapaian melonjak dalam arsitektur.

Mesir adalah pusat belajar dan prestasi yang berkembang ribuan tahun sebelum bagian dunia lainnya. Keajaiban Giza, Luxor dan Alexandria merupakan monumen yang membanggakan warisan kuno itu.
Di seluruh dunia, orang bermimpi berjalan melalui reruntuhan Petra di Yordania. Irak adalah tempat lahirnya peradaban dan merupakan tanah keindahan alam. Dan Uni Emirat Arab telah mencapai ketinggian yang luar biasa dengan kaca dan baja, dan mengubah bumi dan air menjadi karya seni yang spektakuler.

Seluruh wilayah berada di pusat jalur pelayaran utama Terusan Suez, Laut Merah, dan Selat Hormuz. Potensi daerah ini belum pernah lebih besar. 65 persen penduduknya berusia di bawah 30 tahun. Seperti semua pria dan wanita muda, mereka mencari masa depan yang bagus untuk dibangun, proyek nasional yang hebat untuk bergabung, dan tempat bagi keluarga mereka untuk menelepon ke rumah.

Tapi potensi yang belum tergali ini, penyebab optimisme yang luar biasa ini, ditanggung oleh pertumpahan darah dan teror. Tidak ada koeksistensi dengan kekerasan ini. Tidak ada yang bisa menoleransi hal itu, tidak menerima, tidak memaafkannya, dan tidak mengabaikannya.
Setiap kali seorang teroris membunuh orang yang tidak bersalah, dan secara salah memanggil nama Tuhan, itu harus menjadi penghinaan terhadap setiap orang yang beriman.
Teroris tidak menyembah Tuhan, mereka menyembah maut.

Jika kita tidak bertindak melawan teror terorganisir ini, maka kita tahu apa yang akan terjadi. Terorisme kehancuran hidup akan terus menyebar. Masyarakat yang damai akan dilanda kekerasan. Dan masa depan banyak generasi akan disia-siakan dengan menyedihkan.
Jika kita tidak tahan dalam penghukuman yang seragam atas pembunuhan ini - maka kita tidak hanya akan dihakimi oleh orang-orang kita, bukan hanya kita akan dinilai berdasarkan sejarah, tapi kita akan diadili oleh Tuhan.

Ini bukan pertempuran antara agama yang berbeda, sekte yang berbeda, atau peradaban yang berbeda.
Ini adalah pertempuran antara penjahat barbar yang berusaha untuk melenyapkan kehidupan manusia, dan orang-orang yang layak dari semua agama yang berusaha melindunginya.

Ini adalah pertempuran antara Kebaikan dan Kejahatan.

Ketika kita melihat pemandangan kehancuran setelah teror, kita tidak melihat tanda-tanda bahwa orang-orang yang dibunuh adalah Yahudi atau Kristen, Syiah atau Sunni. Ketika kita melihat aliran darah tak berdosa yang direndam ke tanah kuno, kita tidak dapat melihat iman atau sekte atau suku korban - kita hanya melihat bahwa mereka adalah Anak-anak Allah yang kematiannya merupakan penghinaan terhadap semua yang kudus.

Tapi kita hanya bisa mengatasi kejahatan ini jika kekuatan kebaikan disatukan dan kuat - dan jika semua orang di ruangan ini melakukan keadilan dan memenuhi bagian beban mereka.
Terorisme telah menyebar ke seluruh dunia. Tapi jalan menuju kedamaian dimulai di sini, di tanah purba ini, di tanah suci ini.

Amerika siap untuk berdiri bersamamu - dalam mengejar kepentingan bersama dan keamanan bersama.

Tapi negara-negara Timur Tengah tidak bisa menunggu kekuatan Amerika menghancurkan musuh ini untuk mereka. Negara-negara Timur Tengah harus memutuskan masa depan apa yang mereka inginkan untuk diri mereka sendiri, untuk negara mereka, dan untuk anak-anak mereka.
Ini adalah pilihan antara dua masa depan - dan ini adalah pilihan yang tidak dapat dibuat oleh Amerika bagi Anda.
Masa depan yang lebih baik hanya mungkin jika negara Anda mengusir teroris dan ekstremis. usir. Mereka. Di luar.
USIR MEREKA dari tempat ibadah Anda.
USIR MEREKA dari komunitas Anda.
USIR MEREKA dari tanah suci Anda, dan
USIR MEREKA DARI BUMI INI.
Untuk bagian kita, Amerika berkomitmen untuk menyesuaikan strategi kita untuk menghadapi ancaman dan fakta baru yang terus berkembang. Kami akan membuang strategi yang belum berhasil - dan akan menerapkan pendekatan baru yang diinformasikan oleh pengalaman dan penilaian. Kami mengadopsi Prinsip Realisme, yang berakar pada nilai-nilai bersama dan kepentingan bersama.
Teman-teman kita tidak akan pernah mempertanyakan dukungan kita, dan musuh kita tidak akan pernah meragukan tekad kita. Kemitraan kita akan memajukan keamanan melalui stabilitas, bukan melalui gangguan radikal. Kami akan membuat keputusan berdasarkan hasil dunia nyata - bukan ideologi yang tidak fleksibel. Kita akan dipandu oleh pelajaran pengalaman, bukan batasan pemikiran yang kaku. Dan, jika memungkinkan, kita akan mengupayakan reformasi bertahap - bukan intervensi mendadak.

Kita harus mencari pasangan, bukan kesempurnaan - dan untuk membuat sekutu dari semua orang yang memiliki tujuan kita.

Yang terpenting, Amerika mencari perdamaian - bukan perang.

Negara-negara Muslim harus bersedia menanggung beban, jika kita ingin mengalahkan terorisme dan mengirim ideologi jahatnya terlupakan.

Tugas pertama dalam usaha bersama ini adalah agar negara-negara Anda menyangkal semua wilayah dengan tentara jahat. Setiap negara di wilayah ini memiliki kewajiban mutlak untuk memastikan bahwa teroris tidak menemukan tempat perlindungan di tanah mereka.

Banyak yang sudah memberikan kontribusi signifikan terhadap keamanan regional: Pilot Yordania adalah mitra penting bagi ISIS di Suriah dan Irak. Arab Saudi dan sebuah koalisi regional telah mengambil tindakan tegas terhadap militan Houthi di Yaman. Tentara Lebanon memburu ISIS yang berusaha menyusup ke wilayah mereka. Pasukan Emirati mendukung mitra Afghanistan kami. Di Mosul, pasukan Amerika mendukung orang-orang Kurdi, Sunni dan Syiah berperang bersama untuk tanah air mereka. Qatar, yang menjadi tuan rumah Komando Pusat AS, adalah mitra strategis yang penting. Kemitraan jangka panjang kami dengan Kuwait dan Bahrain terus meningkatkan keamanan di wilayah ini. Dan tentara Afghanistan yang pemberani melakukan pengorbanan yang luar biasa dalam perang melawan Taliban, dan lainnya, dalam perjuangan untuk negara mereka.

Karena kita menyangkal kontrol organisasi teroris terhadap wilayah dan populasi, kita juga harus melepaskan akses terhadap dana mereka. Kita harus memotong saluran keuangan yang membiarkan ISIS menjual minyak, membiarkan para ekstremis membayar pejuang mereka, dan membantu teroris menyelundupkan bala bantuan mereka.

Saya dengan bangga mengumumkan bahwa negara-negara di sini hari ini akan menandatangani sebuah kesepakatan untuk mencegah pendanaan terorisme, yang disebut Pusat Penargetan Pembiayaan Teroris - yang diketuai bersama oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi, dan bergabung dengan setiap anggota Kerjasama Teluk Dewan. Ini adalah langkah bersejarah dalam sehari yang akan lama diingat.

Saya juga memuji Dewan Kerjasama Teluk karena menghalangi penyandang dana menggunakan negara mereka sebagai basis keuangan untuk teror, dan menunjuk Hizbullah sebagai organisasi teroris tahun lalu. Arab Saudi juga bergabung dengan kami minggu ini dalam memberikan sanksi kepada salah satu pemimpin paling senior Hizbullah.

Tentu saja, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.
Itu berarti jujur ​​menghadapi krisis ekstremisme Islam dan kelompok teror Islam yang diilhami. Dan itu berarti berdiri bersama melawan pembunuhan orang-orang Muslim yang tidak bersalah, penindasan terhadap wanita, penganiayaan terhadap orang-orang Yahudi, dan pembantaian orang-orang Kristen.

Pemimpin agama harus membuat ini benar-benar jelas: Barbarisme akan membebaskan Anda dari kemuliaan - kesalehan pada kejahatan tidak akan memberi Anda harga diri. Jika Anda memilih jalan teror, hidup Anda akan kosong, hidup Anda akan singkat, dan ANDA AKAN AKAN DIMINTA.
Dan pemimpin politik harus berbicara untuk menegaskan gagasan yang sama: pahlawan tidak membunuh orang tak berdosa; Mereka menyelamatkan mereka Banyak negara di sini saat ini telah mengambil langkah penting untuk mengangkat pesan itu. Visi Arab Saudi untuk tahun 2030 adalah pernyataan toleransi, hormat, pemberdayaan perempuan, dan pembangunan ekonomi yang penting dan mendorong.

Uni Emirat Arab juga terlibat dalam pertempuran untuk hati dan jiwa - dan dengan AS, meluncurkan sebuah pusat untuk melawan penyebaran kebencian secara online. Bahrain juga bekerja untuk merongrong perekrutan dan radikalisme.

Saya juga memuji Jordan, Turki dan Lebanon atas peran mereka dalam menampung pengungsi. Lonjakan migran dan pengungsi meninggalkan Timur Tengah menghabiskan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk membangun masyarakat dan ekonomi yang stabil. Alih-alih merampas wilayah ini dari potensi manusia yang begitu banyak, negara-negara Timur Tengah dapat memberi kaum muda harapan untuk masa depan yang lebih cerah di negara dan wilayah asalnya.

Itu berarti mempromosikan aspirasi dan impian semua warga negara yang mencari kehidupan yang lebih baik - termasuk wanita, anak-anak, dan pengikut semua agama. Sejumlah ilmuwan Arab dan Islam telah dengan fasih mengemukakan bahwa melindungi kesetaraan memperkuat komunitas Arab dan Muslim.

Selama berabad-abad Timur Tengah telah menjadi rumah bagi orang-orang Kristen, Muslim dan Yahudi yang tinggal berdampingan. Kita harus berlatih toleransi dan saling menghormati satu sama lain sekali lagi - dan menjadikan daerah ini tempat dimana setiap pria dan wanita, tidak peduli kepercayaan atau etnik mereka, dapat menikmati kehidupan bermartabat dan harapan.

Dalam semangat itu, setelah mengakhiri kunjungan saya di Riyadh, saya akan pergi ke Yerusalem dan Bethlehem, dan kemudian ke Vatikan - mengunjungi banyak tempat tersuci di tiga Iman Abraham. Jika ketiga agama ini dapat bergabung bersama dalam kerja sama, maka kedamaian di dunia ini dimungkinkan - termasuk perdamaian antara Israel dan Palestina. Saya akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Pelaku teroris yang kelaparan di wilayah mereka, dana mereka, dan daya tarik palsu dari ideologi craven mereka, akan menjadi dasar untuk mengalahkan mereka.

Tapi tidak ada pembahasan untuk menghentikan ancaman ini akan lengkap tanpa menyebutkan pemerintah yang memberi teroris tiga pelabuhan aman, dukungan finansial, dan status sosial yang dibutuhkan untuk perekrutan. Ini adalah rezim yang bertanggung jawab atas begitu banyak ketidakstabilan di wilayah ini. Saya berbicara tentang Iran.

Dari Lebanon ke Irak ke Yaman, Iran mendanai, senjata, dan melatih teroris, milisi, dan kelompok ekstremis lainnya yang menyebarkan perusakan dan kekacauan di seluruh wilayah tersebut. Selama beberapa dekade, Iran telah memicu kebakaran konflik sektarian dan teror.

Ini adalah pemerintahan yang berbicara secara terbuka tentang pembunuhan massal, dengan bersumpah untuk menghancurkan Israel, mati ke Amerika, dan menghancurkan banyak pemimpin dan bangsa di ruangan ini.

Di antara intervensi Iran yang paling tragis dan tidak stabil berada di Suriah. Didukung oleh Iran, Assad telah melakukan kejahatan yang tak terkatakan, dan Amerika Serikat telah mengambil tindakan tegas dalam menanggapi penggunaan senjata kimia terlarang oleh Rezim Assad - meluncurkan 59 rudal tomahawk di pangkalan udara Suriah dari tempat serangan pembunuh tersebut berasal.

Negara-negara yang bertanggung jawab harus bekerja sama untuk mengakhiri krisis kemanusiaan di Suriah, memberantas ISIS, dan memulihkan stabilitas kawasan ini. Korban yang paling lama terkena rezim Iran adalah rakyatnya sendiri. Iran memiliki sejarah dan budaya yang kaya, namun rakyat Iran telah mengalami kesulitan dan keputusasaan di bawah pengejaran dan konflik teror para pemimpin mereka yang ceroboh.

Sampai rezim Iran bersedia menjadi mitra perdamaian, semua negara nurani harus bekerja sama untuk mengisolasi Iran, menyangkal pendanaan untuk terorisme, dan berdoa untuk hari ketika rakyat Iran memiliki pemerintahan yang adil dan benar yang layak mereka dapatkan.
Keputusan yang kita buat akan mempengaruhi banyak kehidupan.

Raja Salman, saya berterima kasih atas terciptanya momen besar dalam sejarah ini, dan untuk investasi besar Anda di Amerika, industri dan pekerjaannya. Saya juga berterima kasih untuk berinvestasi di masa depan bagian dunia ini.

Daerah subur ini memiliki semua bahan untuk kesuksesan luar biasa - sejarah dan budaya yang kaya, orang muda dan bersemangat, semangat perusahaan yang berkembang. Tapi Anda hanya bisa membuka masa depan ini jika warga Timur Tengah terbebas dari ekstremisme, teror dan kekerasan.
Kita di ruangan ini adalah pemimpin bangsa kita. Mereka mencari jawaban, dan untuk tindakan. Dan saat kita melihat kembali wajah mereka, di balik setiap sepasang mata adalah jiwa yang merindukan keadilan.

Hari ini, miliaran wajah sekarang melihat kita, menunggu kita untuk bertindak berdasarkan pertanyaan besar zaman kita.

Apakah kita akan acuh tak acuh di hadapan kejahatan? Akankah kita melindungi warga negara kita dari ideologi kekerasannya? Akankah kita membiarkan racunnya menyebar melalui masyarakat kita? Akankah kita membiarkannya menghancurkan situs-situs paling suci di bumi? Jika kita tidak menghadapi teror mematikan ini, kita tahu apa yang akan terjadi di masa depan - lebih banyak penderitaan dan keputusasaan. Tetapi jika kita bertindak - jika kita meninggalkan ruangan megah ini bersatu dan bertekad untuk melakukan apa yang diperlukan untuk menghancurkan teror yang mengancam dunia - maka tidak ada batas untuk masa depan besar yang akan dimiliki warganya.
Tempat kelahiran peradaban sedang menunggu untuk memulai kebangkitan baru. Bayangkan apa yang bisa terjadi besok.

Keajaiban ilmu pengetahuan, seni, kedokteran dan perdagangan mulia untuk menginspirasi umat manusia. Kota-kota besar dibangun di atas reruntuhan kota-kota yang hancur. Pekerjaan baru dan industri yang akan mengangkat jutaan orang. Orang tua yang tidak lagi khawatir untuk anak mereka, keluarga yang tidak lagi meratapi orang yang mereka cintai, dan umat beriman yang akhirnya beribadah tanpa rasa takut.

Inilah berkat kemakmuran dan kedamaian. Inilah keinginan yang membakar dengan api yang benar di setiap hati manusia. Dan ini adalah tuntutan yang adil dari orang-orang tercinta kita.
Saya memintamu untuk bergabung dengan saya, bergabung bersama, bekerja sama, dan menuju bersama-sama - KARENA UNITED, KAMI TIDAK AKAN GAGAL.
Terima kasih. Tuhan memberkati Anda. Tuhan memberkati negara anda Dan Tuhan memberkati Amerika Serikat. "[IG/KIN]

sumber : CNN.com
transater : google.translete.co.id

1 comment:

  1. Hamas bukan termasuk teroris justru merekalah yg memperjuangkan bangsanya melawan penjajah Israel. Pak donat tolong diralat ya 👊

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar di kolom sini :