Recent comments

Breaking News

Al-Irsyad Al-Islamiyyah: Gagal Ciptakan Kedamaian, Cabut Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi

*

KABARINDO - Terjadinya aksi genosida terhadap etnis Rohingya yang terjadi di Myamar, mengundang keperhatinan dan kegeraman dari berbagai kalangan ummat Islam. Tak ketinggalan PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah melalui pernyataan sikap yang diterima redaksi KabarIndoNews, ormas Islam Al-Irsyad Al-Islamiyyah merasa kecewa terhadap pemerintah Myanmar yang dianggap lemah mengelola hak hidup muslim Rohingya di Myanmar.

Berikut pernyataan lengkap Al-Irsyad Al-Islamiyyah yang diterima redaksi:

PERNYATAAN SIKAP
Nomor: 229.PS.11.2016
tentang
Genosida Rohingya di Myanmar

Memperhatikan genosida muslim Rohingya di Myanmar sebagai salah satu tragedi kemanusiaan di Asia Tenggara dan Internasional. Maka dengan ini PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah memberikan pernyataan sebagai berikut:

1. PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah meminta Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia melalui Kedutaan Besar Indonesia di Myanmar untuk terlibat langsung melakukan upaya diplomasi melalui saluran yang tersedia sembari mengingatkan pemerintah Myanmar akan peran Republik Indonesia dalam ASEAN sebagai penggagas “second track diplomacy” untuk memecahkan masalah dalam negeri Myanmar.

2. PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah menyampaikan kekecewaan yang mendalam atas kemampuan Pemerintah Myanmar mengelola hak hidup muslim Rohingya di Myanmar. Jika genosida ini terus berlangsung dapat merekomendasikan pada Komite Nobel untuk mencabut Nobel Perdamaian dari Aung San Suu Kyi karena telah gagal sebagai guru bangsa Myanmar dalam menciptakan perdamaian dan persaudaraan sesama manusia.

3. PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah meminta Organisasi Konferensi Islam untuk aktif menggalang kerjasama multilateral guna menggalang bantuan dan diplomasi yang diperlukan agar genosida dapat dihentikan.

4. PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah meminta PBB untuk aktif menghentikan tindakan genosida muslim Rohingya dan memberi sanksi kepada pemerintah dan militer Myanmar agar tindakan keji tersebut dihentikan dan tidak terulang lagi.

5. PP Al-Irsyad Al-Islamiyyah mengajak organisasi kemasyarakatan dan umat Islam untuk mengirimkan bantuan makanan dan kesehatan melalui lembaga terpercaya untuk meringankan penderitaan muslim Rohingya di Myanmar.

Jakarta, 22 Safar 1438  H.
22 November 2016 M.

PIMPINAN PUSAT AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH


Ketua Umum          :  KH. ABDULLAH DJAIDI
Sekretaris Jenderal  :  UMAR BASYARAHIL



 


[Billy Satriya/IG/KIN]

No comments

Silahkan berkomentar di kolom sini :