Recent comments

Breaking News

Ketika TOL LAUT macet ditengah Laut




BERITABARU-MATINYA MESIN KAPAL TOL LAUT "KM Mutiara Persada" DI SELAT SUNDA & EVAKUASI PENUMPANG OLEH SAR JAKARTA Rabu, 15/07/2015 Kapal Penumpang & Kendaraan (ROPAX) Mutiara Persada III yang merupakan Kapal TOL LAUT Pertama yang diresmikan pengoperasiannya oleh MenHub mengalami mati mesin saat berlayar dari Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 13 Juli 2015 pukul 10.36 WIB.




Team Sar dengan KN SAR 224 Jakarta mendapat laporan dari KPLP bahwa kapal penumpang tersebut berada pada posisi 05 51.9 S/ 105 57.6 E, atau masih berada di sekitar perairan selat sunda. Dengan sigap KN SAR 224 Jakarta dan Tim Rescue dari Pos SAR Banten bersama KN 333, KN 203, dan KN Alugara melakukan evakuasi terhadap 68 penumpang dimana terdiri dari 66 dewasa dan 2 anak- anak.



Proses evakuasi ini berhasil dilaksanakan hingga pukul 12.25 WIB, seluruh penumpang dalam keadaan selamat dan disandarkan di Pelabuhan Indah Kiat Banten untuk menunggu proses lebih lanjut.
Pemilik Kapal ini adalah group perusahaan "AYIN" (ingat kasus Anggodo?) sama dengan pemilik KMP BSP termasuk BSP III yang rusak & mengapung di perairan selat sunda akibat bertabrakan dg Tanker Singapura. Accident atas KMP. BSP III tsb membuat kapal kehilangan jangkar sebelah kanan & kerusakan rampdoor dibagian engsel yang cukup parah. Kami yang diminta sebuah "Ship Management" asing untuk menangani kondisi darurat atas BSP III keheranan, karena kapal yg telah mati class surveyornya kok masih diijinkan berlayar mengangkut manusia. Keheranan kami yang lain adalah kenapa kok malah Tankernya yang didenda memperbaiki kapal ini & bukan sebaliknya. Dari pengamatan kami, tabrakan terjadi lebih karena kapal tua ini sdh jauh berkurang kemampuannya utamanya dalam hal manuver. Arus yg cukup kuat diselat sunda membuatnya terseret tak berdaya & masuk jalur tanker. Sementara tanker yang meski telah memberitahukan posisinya & baik dengan pengeras maupun komunikasi, karena melaju dengan full speed tak mampu lagi mengelak.[IG/BB]

Sumber.radarlampung

No comments

Silahkan berkomentar di kolom sini :